Jl. Pajajaran Rt. 001 Kec. Singkut Kab. Sarolangun, Jambi 37482

BLOG MASIH DALAM TAHAP PEMBAGUNAN

ASAP PUTIH PADA MOBIL

ASAP PUTIH PADA MOBIL

Sebagian besar dari kita, selama ini pasti menyangka bahkan memvonis kalau asap knalpot mobil berwarna putih pasti jawabannya harus Turun mesin total atau minimal Turun mesin setengah, jawabannya adalah tidak!

1. Ada beberapa faktor penyebab yang bisa menimbulkan asap knalpot kendaraan/mobil kita berwarna putih, diantaranya yang sudah pasti dan sebagian besar dari kita sudah mengetahuinya adalah rusaknya:

- Ring Piston/Ring Seher
- Seal klep

2. dan faktor penyebab lain yang rata-rata orang belum pada tahu :

- Klep PCV/Valve PCV : Fungsi klep pcv ini adalah untuk mengalirkan uap panas oli yang berasal dari mesin ke manifold dan menjaganya supaya uap oli panas tersebut tidak kembali lagi ke mesin. Kalau klep pcv ini mengalami keruksakan maka dampaknya yang saya tahu adalah : 1. Mobil/kendaraan tidak bisa langsam, RPM mobil ngedrop dan mesin mobil mati 2. Uap oli panas mesin ini ikut terbakar di pembakaran sehingga menimbulkan asap knalpot berwarna putih ( Catatan : Ini bukan berdasarkan Referensi ke ilmuan tetapi berdasarkan pengalaman pribadi yang seringkali melihat para montir yang cukup akhli kebingungan karena sudah menurun-naikan mesin mobil yang sama sampai 2- 3 kali, asap kenalpot mobil tetap berwarna putih. Ternyata penyakitnya sepele, setelah Klep PCV mobil tersebut diganti, knalpot mobil sudah tidak mengeluarkan asap putih lagi.)

Tambahan info yang sangat bagus dan berguna yang diambil dari sumber Tangomotor,com tentang MASALAH KLEP PCV/PCV VALVE/VALVE PCV ( POSITIVE CRANKCASE VALVE ) :

PCV singkatan dari Positive Crankcase Valve yaitu suatu sistem yang mengeluarkan gas dan uap berbahaya dari ruang mesin tanpa mengeluarkannya ke udara. Sistem ini memanfaatkan vacuum dari manifold untuk mengeluarkan gas dan uap dari ruang mesin dan kemudian bersatu dengan campuran udara bahan bakar menuju ruang bakar sehingga dapat di bakar lagi. Aliran atau sirkulasi ini di kontrol oleh sebuah katup yang didesain khusus yaitu katup PCV. Katup PCV sanggup menekan tingkat polusi dan juga menjaga ventilasi di ruang mesin.

Sistem PCV sudah menjadi perlengkapan standard bagi setiap mobil pada awal 1960-an. Dimulai dari california di tahun 1963. Berbagai jenis sistem PCV dikembangkan tetapi pada akhirnya memiliki tujuan yang sama.

Sistem PCV dapat di golongkan menjadi dua sistem yaitu sistem terbuka dan tertutup. Sistem tertutup lebih banyak digunakan sejak 1968 sebab lebih mampu mengontrol polusi udara. Sistem ini dibedakan dari cara udara segar masuk ke ruang mesin dan bagaimana uap dan gas dari ruang mesin dikeluarkan.

SISTEM PCV TERBUKA
Sistem terbuka mendapat pasokan udara segar dari lubang di tutup oli yang berventilasi. Sistem ini tidak bermasalah selama uap dan gas yang dihasilkan ke ruang mesin dalam kondisi minimal. Namun saat uap dan gas yang ada menjadi banyak maka akan ada gas dan uap yang berbalik memaksa keluar melalui lubang ventilasi di tutup oli. Sistem ini sukses dalam mengeluarkan uap dan gas berbahaya dari ruang mesin namun tidak dapat mengatasi masalah polusi.

SISTEM PCV TERTUTUP
Sistem PCV tertutup mendapat pasokan udara segar dari rumah filter udara. Tutup oli tidak berventilasi lagi.Sehingga uap dan gas dari ruang mesin akan kembali ke ruang mesin dan akan terbakar bersama campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar. Sistem terutup mencegah uap dan gas terlepas di lingkungan. Sistem tertutup sangat efektif dalam mengontrol polusi udara akibat mesin kendaraan.( Tangomotor.com )
- KIT MASTER REM MOBIL BOCOR/RUSAK : Kebocoran kit master ini bisa berupa rembesan keluar TABUNG MASTER REM dan bisa juga masuk ke tabung booster rem dan menggenang di dalam booster rem, dan minyak rem ini ikut terbakar dalam pembakaran mesin mobil sehingga asap knalpot mobil berwarna putih.

3. Penyebab lain yang tidak begitu penting :

- Pada waktu TUNE UP MESIN MOBIL terutama MESIN MOBIL INJECTION/INJEKSI, seringkali montir membersihkan kotoran dan kerak oli dengan menyemprotkan carburator cleaner/carb jet, dan kotoran ini terbuang dan terbakar sehingga menimbulkan asap putih.

- Sewaktu menghidupkan kendaraan di pagi hari, asap knalpot juga berwarna putih

Mudah-mudahan share ilmu yang sedikit ini berguna...

Catatan: Artikle ini berdasarkan pengalaman pribadi bukan berdasarkan ke ilmuan

ASAP KNALPOT BERWARNA HITAM :

Asap berwarna hitam dapat diduga masalah ada di bagian pembakaran. Kandungan bensin terlalu "kaya" dibandingkan dengan suplai udara ke ruang bakar. Biasanya kondisi ini dibarengi dengan asap yang pedih jika terkena mata karena bensin tak terbakar dengan sempurna.

Pada mesin berkarburator, masalah ini bisa ditanggulangi dengan merawat bagian pilotjet dan mainjet. Komposisi udara dan kandungan bensin di-setting ulang untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna. Konsumsi bahan bakar yang semula boros pun akan menjadi lebih efisien.

Sementara pada mesin injection, pemeriksaan dapat dimulai dari filter udara yang kemungkinan kotor, atau melakukan penyesuaian pada peranti ECU (electronic control unit) yang bertugas mengatur besaran pembakaran pada mesin. Untuk yang satu ini, tidak semua bengkel bisa melakukan setting ECU. Diperlukan kemampuan khusus pada bengkel dan mekanik untuk menangani setting tersebut.( Kompas)

Recent Posts

Flag Counter