Masalah-Masalah Umum yg sering terjadi pada mesin mobil
Oleh Rhajo Angek
MASALAH MASALAH MESIN MOBIL share by http://itemaguz.blogspot.com
Bunyi tik tik tik pada mesin
Setelan klep (valve) yang tidak tepat (terlalu renggang)
<p>Hydraulic Valve Adjuster bermasalah</p> <p> Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak</p> <p>Rocker Arm bermasalAH</p> <p>Pemakaian oli yang tidak tepat / tidak cocok</p> <p> Lampu OIL Pressure menyala saat mesin hidup:</p> <p>· Jumlah oli pada mesin kurang, atau oli tidak cocok.</p> <p>· Sensor tekanan oli bermasalah</p> <p>· Pompa oli bermasalah</p> <p>· Panas yang berlebihan di dalam mesin</p> <p>· Katup Oil Pressure Relief rusak</p> <p>· Filter Oli bermasalah</p> <p>· Saringan oli pada ruang karter kotor/mampet.</p> <p>Mesin tidak dapat berputar ketika dicoba dihidupkan:</p> <p>· Terminal Accu kendur atau korosi</p> <p>· Tegangan Accu kurang atau accu rusak/mati</p> <p>· Jalur kelistrikan untuk Starter terputus</p> <p>· Kunci Kontak bermasalah</p> <p>· Motor starter bermasalah</p> <p>· Gigi motor starter atau FlyWheel ada yang patah</p> <p>· Saluran Ground/Negatif Accu ke Mesin terganggu/lepas</p> <p>Terdengar suara mendesis pada mesin:</p> <p>· Kebocoran pada inlet manifold atau gasket throttle body</p> <p>· Kebocoran pada gasket Exhaust Manifold </p> <p>· Kebocoran selang vacuum</p> <p>· Kebocoran pada gasket Cylinder Head (robek/terbakar/patah)</p> <p>Mesin dapat berputar, tapi tidak mau hidup:</p> <p>· Bensin habis/kosong</p> <p>· Accu soak (mesin berputar sangat pelan)</p> <p>· Kabel Accu kendur/korosi</p> <p>· Komponen pengapian bermasalah</p> <p>· Jalur kelistrikan untuk pengapian terganggu/lepas/rusak</p> <p>· Busi rusak atau gap busi tidak tepat</p> <p>· Choke bermasalah</p> <p>· Sistem penyaluran bahan bakar (Fuel Injection) bermasalah</p> <p>· Masalah mekanik (sensor kruk as rusak, timing belt putus, dll)</p> <p>Mesin susah dihidupkan saat masih dingin:</p> <p>· Accu kosong/tegangan kurang</p> <p>· Terminal Accu kendur / korosi</p> <p>· Busi rusak, setelah gap tidak tepat</p> <p>· Choke bermasalah</p> <p>· Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah</p> <p>· Permasalahan pada pengapian</p> <p>· Kompresi silinder rendah</p> <p>· Fuel Pressure Regulator bermasalah</p> <p>Mesin susah dinyalakan saat mesin panas:</p> <p>· Filter udara kotor/mampet</p> <p>· Choke bermasalah</p> <p>· Permasalahan sistem injeksi (fuel injection)</p> <p>· Kompresi silinder rendah.</p> <p>· Motor starter berisik / kasar saat distarter:</p> <p>· Gigi pinion starter/ flywheel patah.</p> <p>· Baut dudukan motor starter lepas atau hilang.</p> <p>· Komponen di dalam motor starter rusak/aus.</p> <p>· Mesin tersendat/tertahan saat akselerasi</p> <p>· Busi rusak/setelah gap tidak tepat</p> <p>· Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>· Karburator bermasalah</p> <p>· Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah</p> <p>· Mesin berguncang (stall):</p> <p>· Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>· Filter bensin mampet</p> <p>· Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah</p> <p>· Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit</p> <p>· Karburator bermasalah</p> <p>· Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah</p> <p>· Mesin kehilangan tenaga:</p> <p>· Pemasangan timing belt yang tidak tepat</p> <p>· Filter bensin tersumbat/mampet</p> <p>· Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah</p> <p>· Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah</p> <p>· Busi rusak/ gap busi tidak tepat</p> <p>· Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>· Karburator bermasalah</p> <p>· Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah </p> <p>· Rem mengunci</p> <p>· Kopling slip (habis)</p> <p>· Mesin Backfire (nembak-nembak):</p> <p>· Pemasangan Timing Belt tidak tepat</p> <p>· Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>· Karburator bermasalah</p> <p>· Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.</p> <p>· Sistem Pengapian bermasalah (kabel busi terbalik urutannya)</p> <p>· Mesin mau hidup, tapi kemudian mati lagi:</p> <p>· Ada permasalahan pelistrikan pada rangkaian pengapian.</p> <p>· Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>· Karburator bermasalah</p> <p>· Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.</p> <p>· Idle/Langsam tidak rata:</p> <p>· Penyetelan idle speed yang tidak tepat.</p> <p>· Filter udara kotor</p> <p>· Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>· Busi rusak/ gap busi tidak tepat</p> <p>· Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah</p> <p>· Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak</p> <p>· Pemasangan Timing Belt tidak tepat</p> <p>· Karburator bermasalah</p> <p>· Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.</p> <p>· Mesin mengalami misfire saat idle/langsam:</p> <p>· Busi rusak/ gap busi tidak tepat</p> <p>· Kabel busi bermasalah</p> <p>· Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>· Karburator bermasalah</p> <p>· Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.</p> <p>· Distributor Cap retak atau aus</p> <p>· Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah</p> <p>· Kabel ground tidak baik/terputus</p> <p>· Kebocoran selang ventilasi mesin (crankcase ventilation hose)</p> <p>· Mesin mengalami misfire sepanjang perjalanan:</p> <p>· Filter bensin mampet/kotor</p> <p>· Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah</p> <p>· Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit</p> <p>· Busi rusak/ gap busi tidak tepat</p> <p>· Distributor Cap retak atau aus</p> <p>· Kabel busi bermasalah</p> <p>· Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah</p> <p>· Ignition Coil bermasalah, Karburator bermasalah dan Sistem Injeksi (fuel injection)masalah</p>