Jl. Pajajaran Rt. 001 Kec. Singkut Kab. Sarolangun, Jambi 37482

BLOG MASIH DALAM TAHAP PEMBAGUNAN

Masalah-Masalah Umum yg sering terjadi pada mesin mobil

Masalah-Masalah Umum yg sering terjadi pada mesin mobil

MASALAH MASALAH MESIN MOBIL
 share by http://itemaguz.blogspot.com

 Bunyi tik  tik tik pada mesin

   Setelan klep (valve) yang tidak tepat (terlalu renggang)
<p>Hydraulic Valve Adjuster bermasalah</p> <p> Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak</p> <p>Rocker Arm bermasalAH</p> <p>Pemakaian oli yang tidak tepat / tidak cocok</p> <p>            Lampu OIL Pressure menyala saat mesin hidup:</p> <p>·        Jumlah oli pada mesin kurang, atau oli tidak cocok.</p> <p>·        Sensor tekanan oli bermasalah</p> <p>·        Pompa oli bermasalah</p> <p>·        Panas yang berlebihan di dalam mesin</p> <p>·        Katup Oil Pressure Relief rusak</p> <p>·        Filter Oli bermasalah</p> <p>·        Saringan oli pada ruang karter kotor/mampet.</p> <p>Mesin tidak dapat berputar ketika dicoba dihidupkan:</p> <p>·        Terminal Accu kendur atau korosi</p> <p>·        Tegangan Accu kurang atau accu rusak/mati</p> <p>·        Jalur kelistrikan untuk Starter terputus</p> <p>·        Kunci Kontak bermasalah</p> <p>·        Motor starter bermasalah</p> <p>·        Gigi motor starter atau FlyWheel ada yang patah</p> <p>·        Saluran Ground/Negatif Accu ke Mesin terganggu/lepas</p> <p>Terdengar suara mendesis pada mesin:</p> <p>·        Kebocoran pada inlet manifold atau gasket throttle body</p> <p>·        Kebocoran pada gasket Exhaust Manifold </p> <p>·        Kebocoran selang vacuum</p> <p>·        Kebocoran pada gasket Cylinder Head (robek/terbakar/patah)</p> <p>Mesin dapat berputar, tapi tidak mau hidup:</p> <p>·        Bensin habis/kosong</p> <p>·        Accu soak (mesin berputar sangat pelan)</p> <p>·        Kabel Accu kendur/korosi</p> <p>·        Komponen pengapian bermasalah</p> <p>·        Jalur kelistrikan untuk pengapian terganggu/lepas/rusak</p> <p>·        Busi rusak atau gap busi tidak tepat</p> <p>·        Choke bermasalah</p> <p>·        Sistem penyaluran bahan bakar (Fuel Injection) bermasalah</p> <p>·        Masalah mekanik (sensor kruk as rusak, timing belt putus, dll)</p> <p>Mesin susah dihidupkan saat masih dingin:</p> <p>·        Accu kosong/tegangan kurang</p> <p>·        Terminal Accu kendur / korosi</p> <p>·        Busi rusak, setelah gap tidak tepat</p> <p>·        Choke bermasalah</p> <p>·        Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah</p> <p>·        Permasalahan pada pengapian</p> <p>·        Kompresi silinder rendah</p> <p>·        Fuel Pressure Regulator bermasalah</p> <p>Mesin susah dinyalakan saat mesin panas:</p> <p>·        Filter udara kotor/mampet</p> <p>·        Choke bermasalah</p> <p>·        Permasalahan sistem injeksi (fuel injection)</p> <p>·        Kompresi silinder rendah.</p> <p>·        Motor starter berisik / kasar saat distarter:</p> <p>·        Gigi pinion starter/ flywheel patah.</p> <p>·        Baut dudukan motor starter lepas atau hilang.</p> <p>·        Komponen di dalam motor starter rusak/aus.</p> <p>·        Mesin tersendat/tertahan saat akselerasi</p> <p>·        Busi rusak/setelah gap tidak tepat</p> <p>·        Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>·        Karburator bermasalah</p> <p>·        Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah</p> <p>·        Mesin berguncang (stall):</p> <p>·        Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>·        Filter bensin mampet</p> <p>·        Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah</p> <p>·        Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit</p> <p>·        Karburator bermasalah</p> <p>·        Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah</p> <p>·        Mesin kehilangan tenaga:</p> <p>·        Pemasangan timing belt yang tidak tepat</p> <p>·        Filter bensin tersumbat/mampet</p> <p>·        Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah</p> <p>·        Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah</p> <p>·        Busi rusak/ gap busi tidak tepat</p> <p>·        Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>·        Karburator bermasalah</p> <p>·        Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah </p> <p>·        Rem mengunci</p> <p>·        Kopling slip (habis)</p> <p>·        Mesin Backfire (nembak-nembak):</p> <p>·        Pemasangan Timing Belt tidak tepat</p> <p>·        Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>·        Karburator bermasalah</p> <p>·        Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.</p> <p>·        Sistem Pengapian bermasalah (kabel busi terbalik urutannya)</p> <p>·        Mesin mau hidup, tapi kemudian mati lagi:</p> <p>·        Ada permasalahan pelistrikan pada rangkaian pengapian.</p> <p>·        Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>·        Karburator bermasalah</p> <p>·        Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.</p> <p>·        Idle/Langsam tidak rata:</p> <p>·        Penyetelan idle speed yang tidak tepat.</p> <p>·        Filter udara kotor</p> <p>·        Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>·        Busi rusak/ gap busi tidak tepat</p> <p>·        Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah</p> <p>·        Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak</p> <p>·        Pemasangan Timing Belt tidak tepat</p> <p>·        Karburator bermasalah</p> <p>·        Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.</p> <p>·        Mesin mengalami misfire saat idle/langsam:</p> <p>·        Busi rusak/ gap busi tidak tepat</p> <p>·        Kabel busi bermasalah</p> <p>·        Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.</p> <p>·        Karburator bermasalah</p> <p>·        Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.</p> <p>·        Distributor Cap retak atau aus</p> <p>·        Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah</p> <p>·        Kabel ground tidak baik/terputus</p> <p>·        Kebocoran selang ventilasi mesin (crankcase ventilation hose)</p> <p>·        Mesin mengalami misfire sepanjang perjalanan:</p> <p>·        Filter bensin mampet/kotor</p> <p>·        Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah</p> <p>·        Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit</p> <p>·        Busi rusak/ gap busi tidak tepat</p> <p>·        Distributor Cap retak atau aus</p> <p>·        Kabel busi bermasalah</p> <p>·        Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah</p> <p>·        Ignition Coil bermasalah, Karburator bermasalah dan Sistem Injeksi (fuel injection)masalah</p>

Recent Posts

Flag Counter