IGNITION COIL MOBIL
Sebuah COIL/KOIL pengapian (juga disebut SPARK COIL/KOIL) adalah sebuah
kumparan induksi dalam sebuah sistem pengapian yang mengubah dari
baterai 12volt (6 volt di beberapa kendaraan yang lebih tua) Jadi ribuan
volt (2-30 Kilovolt atau lebih) yang diperlukan untuk menyulut busi .
Beberapa kumparan memiliki RESISTOR INTERNAL untuk mengurangi tegangan
dan beberapa mengandalkan kawat resistor atau resistor eksternal untuk
mengurangi tegangan dari 12 mobil kabel volt mengalir ke koil. Kabel
yang dari kumparan pengapian ke DISTIBUTOR/DELCO dan kabel yang dari
DISTRIBUTOR/DELCO MOBIL untuk masing-masing BUSI disebut KABEL BUSI
Bentuk spesifik dari autotransformer , bersama dengan pemutus kontak
dan sebuah kapasitor (masih disebut dalam bahasa mobil dengan nama yang
lama dari "KONDENSOR "), mengubah tegangan rendah dari baterai ke dalam
tegangan tinggi yang diperlukan oleh busi dalam pembakaran internal
mesin . ( wikipedia )
TANDA TANDA IGNITION COIL RUSAK/MATI :
- Kalau diraba KOIL/COIL PANAS MENYENGAT - Starter Sulit/Susah Hidup pada saat mesin dalam keadaan KOIL/COIL Panas - Mesin Mobil Brebet/Tidak Stabil - Starter Mobil Panjang tetap Mesin Mobil Tidak mau hidup - Kalau coil yang sudah parah, dalam keadaan Mobil/Kendaraan jalan tiba tiba /mendadak mati.
MASALAH/KELUHAN KOIL/COIL MOBIL :
- Bunyi/Suara TIK TIK /TUK TUK pada KEPALA KOIL/COIL - Bunyi Suara TIK TIK/TUK TUK PADA BODY/BADAN COIL - Timbul PERCIKAN API LISTRIK DI KEPALA KOIL/COIL